Rabu, 13 Januari 2010

Pengantar Telematika

Telematika

Pengantar

Telematika kini istilah yang agak tanggal, tetapi telah digunakan untuk menggambarkan tindakan konvergen komputer dan komunikasi (darat dan satelit) teknologi. Istilah lain yang terkait ICT - Teknologi Informasi dan Komunikasi - pada dasarnya hal yang sama. Dengan kata lain, telematika adalah mengenai penggabungan komputer dan telekomunikasi. Telematic teknologi termasuk televisi satelit, penggunaan komputer untuk komunikasi menengahi dikenal sebagai CMC, visual kolaborasi melalui penggunaan video conferencing dan tentu saja Internet.

Salah satu aplikasi utama dari telematika adalah dalam penyampaian pendidikan jarak jauh.

Pendidikan Jarak

Pendidikan jarak jauh telah datang jauh dalam beberapa dekade terakhir. Tidak lagi guru harus mengandalkan kertas dan jasa mail saja, untuk menyampaikan bahan-bahan pembelajaran jarak jauh kepada siswa. Kami sekarang memiliki akses ke array yang luas dari teknologi, yang dikenal sebagai teknologi telematic untuk menyambung ke murid-murid kami dan untuk memungkinkan mereka untuk menghubungi kami dan satu sama lain. Bentuk pendidikan jarak jauh dapat disebut sebagai pembelajaran yang didukung teknologi.

Teknologi termasuk televisi satelit, satelit transmisi data, audio conferencing, berbagai bentuk komunikasi yang diperantarai komputer, video conference, dan tentu saja, semakin memperluas jaringan internasional komputer, koneksi, dan database yang dikenal sebagai Internet.

Internet

Internet adalah mungkin yang paling banyak tersedia teknologi, dengan setidaknya lima puluh juta pengguna di seluruh dunia (1999 angka). Tony Bates, sebelumnya di Universitas Terbuka Inggris, sudah menyatakan bahwa tidak pernah sebelum Sudah begitu mudah untuk memberikan pembelajaran, ketika mahasiswa mau, setiap saat, setiap tempat, setiap tempat. Internet, jika diterapkan dengan benar, dapat memungkinkan guru untuk melakukan hal ini.

Aplikasi satelit

Pilihan lain kini terbuka untuk guru adalah televisi satelit. Dengan era digital kepada kita, televisi satelit lebih murah daripada sebelumnya. Antara 1996-2006 University of Plymouth digunakan MPEG2 teknologi digital untuk kompres video, audio dan data ke sepersekian dari bandwidth dan kekuasaan persyaratan, sehingga mengurangi satelit transponder (siaran spasi) biaya secara signifikan. Dengan teknik analog konvensional, satu jam siaran langsung biaya antara £ 2000 dan £ 5.000 per jam. Di University of Plymouth, satelit waktu itu dibeli untuk bawah £ 200 per jam (2003 angka).

Satelit dapat mengirimkan gambar ke sebuah jejak (atau cakupan beam satelit) yang dapat ribuan mil dengan diameter. Ini berarti bahwa sebelumnya bermasalah fitur geografis seperti gunung, (yang akan membatasi teknologi saling berhadapan seperti microwave atau transmisi terrestrial) tidak menimbulkan masalah. Selain itu, semua orang dapat menerima informasi yang sama pada saat yang sama, dalam media interaktif yang kaya dan format. Ikuti link untuk lebih pada teknologi satelit.

Videoconference

Teknologi konferensi video sekarang menjadi lebih luas tersedia untuk pendidikan jarak jauh. Di sekeliling Barat Selatan dari Inggris, selama proyek RASIO (1996-1999) pusat akses publik dibuka untuk menawarkan berbagai pelatihan dan informasi bisnis lokal. Dukungan tutorial ditawarkan melalui videoconference. Proyek-proyek lainnya di seluruh Inggris dan Eropa sekarang penggelaran sistem serupa untuk mengaktifkan pelatihan dan informasi untuk menjangkau siswa dan klien bisnis pada waktu yang tepat. Baru-baru ini, dosen di universitas dan dalam banyak lembaga pendidikan lain yang menggunakan videoconference untuk memberikan kuliah, tutorial dan melakukan wawancara dan pertemuan di dua atau lebih situs yang terpisah secara geografis.

Video link dapat memberikan tidak hanya komunikasi visual dan audio. Mereka dapat juga menawarkan daya tinggi data link, berbagi aplikasi dan fasilitas papan putih. Sesungguhnya dinamis sinkron, tatap muka pada jarak kontak mahasiswa sekarang dapat ditawarkan, apa pun jarak.

Mengapa Telematika?

Dengan kendala keuangan saat ini dan meningkatnya tekanan pada penyelenggara pendidikan untuk melakukan lebih baik, telematika menawarkan solusi untuk keberlanjutan dan pertumbuhan. Pelebaran daerah resapan dan meningkatkan jumlah siswa tanpa akses langsung ke sumber daya baru seperti lebih ruang kelas dan staf dapat dicapai dengan menggunakan telematika. Ada juga yang bergerak ke arah belajar seumur hidup untuk mempertimbangkan ....

Lifelong Learning

Dorongan untuk belajar sepanjang hayat adalah kuat. Pendidikan tidak lagi kegiatan kita terlibat dalam 5-16 tahun. Profesor Stephen Molyneaux (sebelumnya di University of Wolverhampton, UK) menyarankan bahwa meskipun kita telah memiliki gelar empat tahun bersama kami untuk beberapa waktu, itu adalah tahun '40 gelar 'yang akan menjadi modus penting belajar di tahun-tahun mendatang. Dengan dunia berubah dengan cepat, keterampilan, dan pengetahuan menjadi cepat usang, sehingga setiap orang harus terus belajar hal-hal baru dalam rangka untuk mengikutinya. "Hanya dalam waktu belajar 'menggantikan' hanya dalam kasus belajar '. Telematika membawa kesempatan belajar kepada orang-orang di mana mereka berada, sehingga sibuk gaya hidup / pekerjaan dan pendidikan tidak perlu saling mengganggu lagi.

Masa Depan Telematika

Jadi, bagaimana dengan masa depan? Saat ini sedang diuji adalah berbagai teknologi baru seperti VSAT (Very Small Aperture Terminal), dua cara sistem telekomunikasi satelit yang digunakan untuk mengakses remote server dan world wide web memperoleh informasi tanpa sambungan telepon langsung. Juga di cakrawala baru, lebih cepat dan lebih dapat diandalkan jaringan komunikasi seperti Asymetric Digital Subscriber Loop (ADSL) dan Asynchronous Transfer Mode (ATM). Teknologi lain yang dapat merevolusi cara kita menerima lalu lintas data kami Powerline. Sistem ini menggunakan kabel listrik utama yang sudah ada untuk mengirimkan data komputer pada tingkat yang sangat cepat langsung ke rumah atau kantor.

Apa pun masa depan untuk teknologi, kita dapat yakin bahwa konvergensi akan terus. Perangkat akan menjadi lebih kecil dan lebih cepat, dan memiliki beberapa fungsi dalam diri mereka. Contoh klasik dari hal ini adalah telepon selular yang berpikir itu kamera! Ini juga merupakan gerbang ke internet, menggunakan WAP teknologi, dan dapat ganda sebagai sejumlah perangkat komunikasi lainnya. Gagasan tentang m-Learning, atau mobile pembelajaran, adalah mendapatkan dorongan, dan akan merevolusi cara banyak siswa belajar selama beberapa tahun.

Semua teknologi ini memiliki lingkup pendidikan yang besar, dan University of Plymouth akan menjadi salah satu universitas yang terdepan dalam penelitian dan pengembangan ini. Halaman ini akan menjadi tuan rumah informasi tentang perkembangan baru, aplikasi dan penelitian saat mereka terjadi.

Sumber: http://www2.plymouth.ac.uk/distancelearning/telemat.html

Tidak ada komentar: